1.perbedaan system software dengan application software dan contohnya.
System software adalah jenis software yang dirancang untuk berkomunikasi dengan hardware atau bahkan application software. Ini bertindak sebagai interface antara hardware dan program komputer di mana ia mengkoordinasikan tugas-tugas antara dua komponen sistem komputer.
Contohnya : Microsoft windows, linux, unix, mac OS X, DOS, DLL.
Application Software adalah jenis software yang dirancang untuk menyelesaikan tugas-tugas spesifik dalam operating system. Beberapa dari tugas ini termasuk menangani dokumen, menangani perhitungan, mengedit gambar, mengedit video, dan lainnya. Contoh application software termasuk pengolah kata, spreadsheetdatabase software, editor gambar.
Contohnya :Opera (Browsing Web), Microsoft Word (pengolahan hurup), Microsoft Exel (pengelahan angka), Microsoft powerPoint (program persentasi), VCL Media Player, dll.
2.pengertian rekayasa perangkat lunak
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
  1. Dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
  2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability)
  3. Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust)
  4. Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
  5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability)

3. prototyping : proses pengembangan sistem seringkali menggunakan pendekatan prototipe (prototyping). Metode ini sangat baik digunakan untuk menyelesesaikan masalah kesalahpahaman antara user dan analis yang timbul akibat user tidak mampu mendefinisikan secara jelas kebutuhannya 

4.pengertian agile
Istilah Agile sendiri terdiri dari dua pengertianyaitu: pertama pengertian dari segi filosofi, dan kedua pengertian dari segi pedoman pengembangan perangkat lunak. Dari segi filosofi, agile mempunyai arti antara lain:  mendorong demi terciptanya kepuasan pelanggan; mempercepat delivery perangkat lunak secara bertahap (incremental); tim proyek yang ramping dan mempunyai motifasi yang sangat tinggi; minimasi pekerjaan; serta menyederhanakan (birokrasi) keseluruhan proses pembangunan perangkat lunak. Sedangkan dari segi pedoman pengambangan perangkat lunak, agile mempunyai pengertian, bahwa secara aktif dan berkesinambungan, antara pengembang dengan pelanggan harus senantiasa menjalin kerjasama dan komunikasi dengan baik.

kesimpulan bahwa Agility merupakan suatu kemampuan atau "jiwa" yang harus dimiliki oleh tim pengambangan perangkat lunak. Kemampuan tersebut antara lain berupa: kemampuan segera menindaklanjuti terjadinya perubahan secara efektif; kemampuan berkomunikasi antar stakeholders secara efektif; menganggap bahwa pelanggan merupakan pihak yang berada di dalam tim yang sama; kemampuan mengorganisasikan tim (memberikan motivasi) agar mampu meningkatkan performa kinerja tim; secara tepat waktu dan berkesinambungan dapat men-deliver perangkat lunak yang telah dijadwalkan.


5.prinsip  komunikasi dalam proses rekayasa engineering
7 prisnsip :
1.       Mempunyai alasan yang jelas (the reason it all exists )
2.       Sederhana (keep it simple)
3.       Mempertahankan visi (maintain tha vision)
4.       Apa yang kamu buat, orang lain yang memakai (what you produce, other will consume)
5.       Terbuka kepada masa depan (be open to the future)
6.       Rencanakan kedepan untuk diguakan (plan ahead for reuse )
7.       Berpikir (think)

6. Rekayasa Proses Bisnis adalah suatu pendekatan yang lebih bersifat komprehensif yang secara urgent dibutuhkan untuk menangani tantangan-tantangan situasi baru. Dan apa yang menjadi persoalan pada setiap kasus adalah bahwa teknologi-teknologi baru mampu mengubah bukan hanya proses bisnis, akan tetapi juga cara barang atau jasa diciptakan dan dipasarkan, struktur dan tujuan perusahaan, dinamika persaingan, dan perilaku aktual perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

persamaan regresi ganda

Korelasi dan Regresi Berganda