1.perbedaan
system software dengan application software dan contohnya.
System software adalah
jenis software yang dirancang untuk berkomunikasi dengan hardware atau
bahkan application software. Ini bertindak sebagai interface antara hardware dan
program komputer di mana ia mengkoordinasikan tugas-tugas antara dua komponen
sistem komputer.
Contohnya : Microsoft windows, linux, unix, mac OS X, DOS,
DLL.
Application
Software adalah jenis software yang dirancang
untuk menyelesaikan tugas-tugas spesifik dalam operating system. Beberapa
dari tugas ini termasuk menangani dokumen, menangani perhitungan, mengedit
gambar, mengedit video, dan lainnya. Contoh application software termasuk
pengolah kata, spreadsheet, database software, editor
gambar.
Contohnya :Opera (Browsing Web), Microsoft Word (pengolahan
hurup), Microsoft Exel (pengelahan angka), Microsoft powerPoint (program
persentasi), VCL Media Player, dll.
2.pengertian
rekayasa perangkat lunak
Rekayasa perangkat
lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE)
adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat
lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan
perangkat lunak dan manajemen kualitas.
- Dapat terus dirawat dan
dipelihara(maintainability)
- Dapat mengikuti perkembangan teknologi
(dependability)
- Dapat mengikuti keinginan pengguna
(robust)
- Efektif dan efisien dalam menggunakan
energi dan penggunaannya
- Dapat memenuhi kebutuhan yang
diinginkan (usability)
3. prototyping :
proses pengembangan sistem seringkali menggunakan pendekatan prototipe
(prototyping). Metode ini sangat baik digunakan untuk menyelesesaikan masalah
kesalahpahaman antara user dan analis yang timbul akibat user tidak mampu
mendefinisikan secara jelas kebutuhannya
4.pengertian agile
Istilah Agile sendiri
terdiri dari dua pengertian, yaitu: pertama pengertian dari segi
filosofi, dan kedua pengertian dari segi pedoman pengembangan perangkat lunak.
Dari segi filosofi, agile mempunyai arti antara lain:
mendorong demi terciptanya kepuasan pelanggan; mempercepat delivery perangkat
lunak secara bertahap (incremental); tim proyek yang ramping dan
mempunyai motifasi yang sangat tinggi; minimasi pekerjaan; serta
menyederhanakan (birokrasi) keseluruhan proses pembangunan perangkat lunak.
Sedangkan dari segi pedoman pengambangan perangkat lunak, agile mempunyai
pengertian, bahwa secara aktif dan berkesinambungan, antara pengembang dengan
pelanggan harus senantiasa menjalin kerjasama dan komunikasi dengan baik.
kesimpulan bahwa Agility merupakan
suatu kemampuan atau "jiwa" yang harus dimiliki oleh tim pengambangan
perangkat lunak. Kemampuan tersebut antara lain berupa: kemampuan segera
menindaklanjuti terjadinya perubahan secara efektif; kemampuan berkomunikasi
antar stakeholders secara efektif; menganggap bahwa pelanggan
merupakan pihak yang berada di dalam tim yang sama; kemampuan mengorganisasikan
tim (memberikan motivasi) agar mampu meningkatkan performa kinerja tim; secara
tepat waktu dan berkesinambungan dapat men-deliver perangkat lunak
yang telah dijadwalkan.
5.prinsip komunikasi dalam proses rekayasa engineering
7 prisnsip :
1.
Mempunyai alasan yang jelas (the reason it all
exists )
2.
Sederhana (keep it simple)
3.
Mempertahankan visi (maintain tha vision)
4.
Apa yang kamu buat, orang lain yang memakai
(what you produce, other will consume)
5.
Terbuka kepada masa depan (be open to the
future)
6.
Rencanakan kedepan untuk diguakan (plan ahead
for reuse )
7.
Berpikir (think)
6. Rekayasa Proses Bisnis adalah
suatu pendekatan yang lebih bersifat komprehensif yang secara urgent dibutuhkan
untuk menangani tantangan-tantangan situasi baru. Dan apa yang menjadi
persoalan pada setiap kasus adalah bahwa teknologi-teknologi baru mampu
mengubah bukan hanya proses bisnis, akan tetapi juga cara barang atau jasa
diciptakan dan dipasarkan, struktur dan tujuan perusahaan, dinamika persaingan,
dan perilaku aktual perusahaan.
Komentar
Posting Komentar