1. Pengertian Anova adalah sebuah analisis statistik yang menguji perbedaan rerata antar grup. 

2.a.pengertian(One Way ANOVA) adalah Jenis Uji Statistika Parametrik yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata antara lebih dari dua group sampel. 

b.  contoh one way anova 
Dalam penggunaannya menggunakan aplikasi SPSS.Misalkan kita ingin menguji perbedaan rata-rata hasil ujian mata kuliah statistik pada 3 Jurusan: Akuntansi, Manajemen dan Kedokteran. Kita mengambil sampel sebanyak 40 sampel pada kelas Akuntansi, 35 mahasiswa pada kelas Manajemen dan 45 sampel mahasiswa kedokteran.
Berikut merupakan datanya:
NoAkuntansiManajemenKedokteran
1959090
2759585
3808080
4858585
5656585
6808075
7707080
8606085
9909095
10909590
11907585
12958085
13758585
14756580
15858080
16757085
17806085
18858575
19656580
20808085
21707095
22606090
23709085
24609585
25907580
26908085
27908585
28956575
29758080
30757085
31856095
32758590
33806585
34708085
35607085
369080
379080
389085
399585
407575
4180
4285
4395
4490
4590
Berikut merupakan langkah-langkahnya menggunakan SPSS:
1. Langkah 1: Masukan data ke dalam SPSS
2. Langkah 2:
3. Langkah 3:

4. Langkah 4:

3.-Pengertian(Two Way ANOVA) adalah Jenis Uji Statistika Parametrik yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata antara lebih dari dua group sampel.
-Seorang konsultan mesin dari perusahaan penyalur atau DEALER kendaraan diminta untuk mengkaji apakah ada perbedaan rata-rata efisiensi pemakaian BBM (kilometer/liter) antara tiga merek mobil. Disamping itu, ia diminta juga untuk mengkaji apakah ada perbedaan rata-rata efisiensi pemakaian BBM yang disebabkan oleh kapasitas mesin. Dari hasil pengumpulan data yang dilakukan konsultan tersebut diperoleh data sebagai berikut :

Berikut tahap ANOVA 2 arah :
1. Uji Asumsi Data.
Dalam hal ini kita anggap sudah memenuhi asumsi, karena langkah uji asumsi data sama dengan sebelumnya. Namun uji asumsi ini wajib dilakukan agar analisis ANOVA yang diperoleh memiliki keakuratan yang baik.

2. Tabel Pengamatan
3. Melakukan Perhitungan 

jumlah baris (r) = 2
jumlah kolom (k) = 3
T.. = 66
T1. = 32
T2. = 34
T.= 21
T.= 23
T.= 22



df (baris) = r-1 = 2-1 = 1
df (kolom) = k-1 = 3-1 =2
df (galat) = (r-1)(k-1) = 1*2 = 2
df (total) = (2*3 - 1) = 5

4. Merumuskan Hipotesis
Hipotesis Uji untuk Kolom :
Ho : Rata-rata efisiensi pemakaian BBM ketiga merek mobil tersebut adalah sama
Ha : Rata-rata efisiensi pemakaian BBM ketiga merek mobil tersebut adalah berbeda

Hipotesis Uji untuk Kolom :
Ho : Rata-rata efisiensi pemakaian BBM kedua kapasitas mesin mobil tersebut adalah sama
Ha : Rata-rata efisiensi pemakaian BBM kedua kapasitas mesin mobil tersebut adalah berbeda

5. Menentukan Tarf Signifikansi
Kita pilih nilai signifikansi alpha 5%.

6. Membuat Hasil Perhitungan kedalam Tabel ANOVA dan Menentukan F-Tabel








7. Menentukan Wilayah Kritis atau Kriteria Pengujian
Mencari nilai F-tabel untuk:
Baris : F-tabel = F(5%; 1; 2) = 18,513
Kolom : F-tabel = F(5%; 2; 2) = 19,000

8. Keputusan
Baris : F-hitung = 4 < F-tabel = 18,513. Ho diterima
Kolom : F-Hitung = 3 < F-tabel = 19,000. Ho diterima

9. Kesimpulan 
Tidak ada perbedaan nyata rata-rata efisiensi pemakaian BBM terhadap ketiga merek mobil tersebut.
Tidak ada perbedaan nyata rata-rata efisiensi pemakaian BBM terhadap kedua kapasitas mesin tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

persamaan regresi ganda

Korelasi dan Regresi Berganda