1. Pengertian Anova adalah sebuah analisis statistik yang menguji perbedaan rerata antar grup.
b. contoh one way anova

4. Langkah 4:
T2. = 34
2.a.pengertian(One Way ANOVA) adalah Jenis Uji Statistika Parametrik yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata antara lebih dari dua group sampel.
b. contoh one way anova
Dalam penggunaannya menggunakan aplikasi SPSS.Misalkan kita ingin menguji perbedaan rata-rata hasil ujian mata kuliah statistik pada 3 Jurusan: Akuntansi, Manajemen dan Kedokteran. Kita mengambil sampel sebanyak 40 sampel pada kelas Akuntansi, 35 mahasiswa pada kelas Manajemen dan 45 sampel mahasiswa kedokteran.
Berikut merupakan datanya:
No | Akuntansi | Manajemen | Kedokteran |
1 | 95 | 90 | 90 |
2 | 75 | 95 | 85 |
3 | 80 | 80 | 80 |
4 | 85 | 85 | 85 |
5 | 65 | 65 | 85 |
6 | 80 | 80 | 75 |
7 | 70 | 70 | 80 |
8 | 60 | 60 | 85 |
9 | 90 | 90 | 95 |
10 | 90 | 95 | 90 |
11 | 90 | 75 | 85 |
12 | 95 | 80 | 85 |
13 | 75 | 85 | 85 |
14 | 75 | 65 | 80 |
15 | 85 | 80 | 80 |
16 | 75 | 70 | 85 |
17 | 80 | 60 | 85 |
18 | 85 | 85 | 75 |
19 | 65 | 65 | 80 |
20 | 80 | 80 | 85 |
21 | 70 | 70 | 95 |
22 | 60 | 60 | 90 |
23 | 70 | 90 | 85 |
24 | 60 | 95 | 85 |
25 | 90 | 75 | 80 |
26 | 90 | 80 | 85 |
27 | 90 | 85 | 85 |
28 | 95 | 65 | 75 |
29 | 75 | 80 | 80 |
30 | 75 | 70 | 85 |
31 | 85 | 60 | 95 |
32 | 75 | 85 | 90 |
33 | 80 | 65 | 85 |
34 | 70 | 80 | 85 |
35 | 60 | 70 | 85 |
36 | 90 | 80 | |
37 | 90 | 80 | |
38 | 90 | 85 | |
39 | 95 | 85 | |
40 | 75 | 75 | |
41 | 80 | ||
42 | 85 | ||
43 | 95 | ||
44 | 90 | ||
45 | 90 |
Berikut merupakan langkah-langkahnya menggunakan SPSS:
1. Langkah 1: Masukan data ke dalam SPSS
2. Langkah 2:
3. Langkah 3:
4. Langkah 4:
3.-Pengertian(Two Way ANOVA) adalah Jenis Uji Statistika Parametrik yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata antara lebih dari dua group sampel.
-Seorang konsultan mesin dari perusahaan penyalur atau DEALER kendaraan diminta untuk mengkaji apakah ada perbedaan rata-rata efisiensi pemakaian BBM (kilometer/liter) antara tiga merek mobil. Disamping itu, ia diminta juga untuk mengkaji apakah ada perbedaan rata-rata efisiensi pemakaian BBM yang disebabkan oleh kapasitas mesin. Dari hasil pengumpulan data yang dilakukan konsultan tersebut diperoleh data sebagai berikut :
Berikut tahap ANOVA 2 arah :
1. Uji Asumsi Data.
Dalam hal ini kita anggap sudah memenuhi asumsi, karena langkah uji asumsi data sama dengan sebelumnya. Namun uji asumsi ini wajib dilakukan agar analisis ANOVA yang diperoleh memiliki keakuratan yang baik.
2. Tabel Pengamatan
3. Melakukan Perhitungan
jumlah baris (r) = 2
jumlah kolom (k) = 3
T.. = 66
T1. = 32
T.1 = 21
T.2 = 23
T.3 = 22
T.2 = 23
T.3 = 22
df (baris) = r-1 = 2-1 = 1
df (kolom) = k-1 = 3-1 =2
df (galat) = (r-1)(k-1) = 1*2 = 2
df (total) = (2*3 - 1) = 5
4. Merumuskan Hipotesis
Hipotesis Uji untuk Kolom :
Ho : Rata-rata efisiensi pemakaian BBM ketiga merek mobil tersebut adalah sama
Ha : Rata-rata efisiensi pemakaian BBM ketiga merek mobil tersebut adalah berbeda
Hipotesis Uji untuk Kolom :
Ho : Rata-rata efisiensi pemakaian BBM kedua kapasitas mesin mobil tersebut adalah sama
Ha : Rata-rata efisiensi pemakaian BBM kedua kapasitas mesin mobil tersebut adalah berbeda
5. Menentukan Tarf Signifikansi
Kita pilih nilai signifikansi alpha 5%.
6. Membuat Hasil Perhitungan kedalam Tabel ANOVA dan Menentukan F-Tabel
7. Menentukan Wilayah Kritis atau Kriteria Pengujian
Mencari nilai F-tabel untuk:
Baris : F-tabel = F(5%; 1; 2) = 18,513
Kolom : F-tabel = F(5%; 2; 2) = 19,000
8. Keputusan
Baris : F-hitung = 4 < F-tabel = 18,513. Ho diterima
Kolom : F-Hitung = 3 < F-tabel = 19,000. Ho diterima
9. Kesimpulan
Tidak ada perbedaan nyata rata-rata efisiensi pemakaian BBM terhadap ketiga merek mobil tersebut.
Tidak ada perbedaan nyata rata-rata efisiensi pemakaian BBM terhadap kedua kapasitas mesin tersebut.
Komentar
Posting Komentar