tugas sesi 4
ANALISIS ETIKA MASYARAKAT INFORMASI
I. LATAR BELAKANG
Teknologi
digital canggih membuat informasi yang mudah diakses dari seluruh penjuru dunia
dan cara komunikasi baru adalah dikembangkan Pada saat yang sama dengan
informasi masyarakat mengubah kondisi belajar, teknologi informasi dapat
digunakan secara eksplisit sumber dalam proses belajar. "IT" (teknologi
informasi) adalah istilah umum istilah yang digunakan ketika mempertimbangkan
sistem komputerisasi untuk komunikasi. Karena fokus implisit pada peran
komunikatif teknologi informasi dalam lingkungan belajar, istilah Informasi dan
Teknologi Komunikasi (TIK) akan digunakan dalam pekerjaan ini.
2. ETIKA
Menurut Taylor & Moyniha etika adalah sebuah
paradoks. Itu adalah sesuatu yang pribadi dan terkait dengan individu dan hati
nurani mereka, tetapi juga sesuatu yang menjadi tidak berarti kecuali terkait kepada
individu lain. Para penulis menyatakan: "Etika adalah masalah sosial
tentang kewajiban individu untuk yang lainnya. seperangkat harapan bersama
tentang masing-masing lain dan dunia yang kita bagi" (halaman 49). Etika
adalah hubungan refleksif dan studi tentang perilaku moral, bagaimana norma dan
nilai mengendalikan perilaku (Nationalencyklopedin, 2003).
3. INFORMASI DAN KOMUNIKASI TEKNOLOGI
Langley (1995)
menyatakan: "belajar adalah peningkatan kinerja di beberapa lingkungan
melalui perolehan / mowledge yang dihasilkan dari pengalaman di lingkungan
itu" (halaman 5). Hal ini membuat pembelajaran menjadi sesuatu yang
terjadi dalam konteks di mana data atau informasi dimediasi dan pengetahuan
dibuat dengan bantuan teknologi tertentu. Perspektif sosial budaya tentang
pembelajaran menyatakan bahwa pembelajaran tidak dapat dianggap terlepas dari
artefak simbolik atau material yang memediasi informasi.
3.1 Informasi
lnfonnasi adalah konsep yang sulit untuk
didefinisikan. Itu terus masuk itu sendiri banyak perspektif yang berbeda. Apa ditangani
adalah konsep yang berbeda dibawa bersama-sama dalam ruang yang sama. Menurut
Langefors (1995) penting untuk mempertimbangkan perbedaannya antara data dan
informasi. Data adalah symbol tanpa konten semantik. Informasi adalah arti dari
simbol-simbol itu
3.2 Communication
Komunikasi adalah interaksi antara elemen dan
konsekuensi dari efek perilaku satu elemen terhadap perilaku elemen lain.
Komunikasi adalah sesuatu yang terjadi antara unit otonom yang mampu memproses
informasi secara kognitif (ISSS, 2002). Karena TIK dapat digunakan sebagai alat
untuk mencapai tujuan tertentu dalam interaksi antar manusia, interpersonal komunikasi
menarik - dasar untuk semua hubungan interpersonal dan interaksi (Nilsson &
Waldemarsson, 1990).
3.3 Teknologi
Teknologi dapat dianggap sebagai sesuatu yang
manusiawi menemukan antara dirinya sendiri dan lingkungan untuk memenuhi
kebutuhan yang berbeda, bersama-sama dengan pengetahuan dan keterampilan yang
dikembangkan dalam proses pemecahan masalah Lulea Tekniska Hogskola, 2003). Ini membuat teknologi
sesuatu yang konkret dan abstrak di waktu yang sama, cara praktis dalam
melakukan sesuatu, a tindakan yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu,
dan seni rekayasa untuk mentransfer teori pengetahuan ke dalam praktik.
Teknologi adalah bidang pengetahuan dan keterampilan yang mencakup desain, konstruksi,
dan penggunaan artefak yang dibuat, dan ilmu teoretis dari teknologi itu
sendiri. NS bagian konkret dari teknologi adalah artefak yang digunakan dalam situasi
yang berbeda dan untuk tujuan yang berbeda,
3.4 Ringkasan I
Informasi adalah tentang arti simbol atau data, produk
dari proses interpretasi. Situasi, konteks, dan konsistensi sangat penting
untuk menciptakan informasi, dan apa yang menjadi informasi didasarkan pada
pengetahuan individu dan pengalaman, faktor-faktor yang menjadi prasyarat bagi
manusia sikap, nilai, dan perilaku. Ini penting bagian-bagian dari proses
interpretasi dalam suatu tatanan social sistem komunikasi, menciptakan,
memelihara, dan mengubah hubungan interpersonal, identitas dan kerjasama dan
aktivitas manusia yang terus menerus dan kondisi fundamental bagi masyarakat manusia
dan mengubah.
4. ETIKA DAN INFORMASI DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Hubungan dengan manusia dan nilai-nilai kemanusiaan mencirikan
komponen sistem TIK. Informasi, komunikasi, dan teknologi adalah bagian dari
"Sistem Aktivitas Manusia" (Banathy, 2002), kelompok orang dan sumber
daya yang terorganisir dengan maksud, tujuan dan peran sosial, bercirikan
pluralisme dan perbedaan perspektif ontologis. Interpretasi membuat komunikasi
menghasilkan sesuatu dalam keadaan antara ekstrem konsensus dan konflik. Orang-orang
dalam kelompok atau sistem yang lebih besar juga terpengaruh dengan partisipasi
seperti itu, yang berarti bahwa hubungan dalam suatu sistem mempengaruhi sistem
secara keseluruhan (Malmsjo & Karlsson, 2002).
4.1 Informasi dan Etika
Menurut Floridi (2002), “Kami adalah milik kami informasi".
Penulis menganggap informasi etika menjadi pengembangan dari konsep etika
komputer. Dalam lingkup etika informasi masalah yang tepat atau benar perilaku
yang berhubungan dengan informasi, penciptaan informasi, dan transfer informasi
adalah dipertimbangkan secara langsung.
4.2 Komunikasi dan Etika
Ketika komunikasi hubungan manusia antara orang
dipelajari, maka moral atau etika terapan dapat dilihat sebagai lem yang
menempel terpisah komponen masyarakat manusia - sesuatu yang menciptakan
sintesis abstrak untuk dipegang secara berurutan untuk menjaga homeostasis
dalam hidup (Collste, 1996). Di sebuah mengubah etika infrastruktur teknologi pertimbangan
berdampak pada hasil komunikasi manusia.
4.3 Teknologi dan Etika
Teknologi mencirikan barat modem masyarakat. Kondisi
kehidupan telah berubah dan semoga ditingkatkan. Sisi lain TIK dan lainnya teknologi
otomasi adalah yang dikuasai oleh sedikit orang teknologi, teknologi yang
bergantung pada masyarakat pada. Ketergantungan ini mengedepankan etika pertimbangan
desain, penggunaan, dan penerapan.
4.4 Ringkasan II
Di ujung tombak antara etika dan informasi konsep
informasi ditemukan sebagai prasyarat untuk tindakan moral, menyiratkan pendekatan
etika normatif terhadap apa yang terjadi di nfosfer. Etika dan komunikasi Bersama
mencerminkan etika terapan dan normatif sebagai prasyarat untuk interaksi
sosial.
5. INFORMASI DAN KOMUNIKASI ETIKA TEKNOLOGI
nment dengan perubahan kondisi, tidak masalah untuk
memutuskan apa itu "baik" atau "benar" dalam situasi
tertentu. NS kerangka acuan etis dengan fokus pada TIK dapat dianggap perlu
karena interaksi antara manusia dan teknologi mengakibatkan pertumbuhan
eksponensial dari konsekuensi tindakan. Ada juga faktor relatif karena berbeda lingkup
budaya bervariasi dalam pemahaman etis mereka.
RINGKASAN
Pengaruh informasi, komunikasi, dan teknologi sikap,
nilai, dan perilaku manusia. Mereka kondisi bagi identitas, keberadaan, dan mengubah.
Di dunia yang diciptakan oleh manusia, termasuk TIK dan kondisi baru, bukan
tanpa masalah memutuskan tindakan apa yang "benar". Sebuah etika kerangka
acuan yang berfokus pada TIK diperlukan dalam proses desain karena manusia
sekarang harus menyesuaikan lingkungan yang dirancang oleh manusia. NS hasil
interaksi manusia dengan teknologi berhubungan dengan pertimbangan etis dalam
persilangan antara kemanusiaan dan teknologi. Informasi, komunikasi, dan
teknologi yang melekat penjaga dimensi etika untuk dipertimbangkan danperspektif
dan pemikiran Adams (200 I) dan Taylor
& Moynihan (2002) adalah contoh dari kemungkinan panduan etis untuk
merancang danmenciptakan lingkungan berbasis teknologi.
Komentar
Posting Komentar