Pengembangan Aplikasi Mobile: Semua Langkah dan Pedoman untuk Sukses Pembuatan Aplikasi Seluler: Studi Kasus

Pengembangan Aplikasi Mobile: Semua Langkah dan Pedoman untuk Sukses
Pembuatan Aplikasi Seluler: Studi Kasus
Nama : Aip Ripai
Nim : 20170801237
Prodi : teknik informatika

Pengembangan Aplikasi Mobile mengacu pada proses pembuatan perangkat lunak aplikasi untuk perangkat genggam seperti ponsel dan Asisten Digital Pribadi. Melalui penggunaan aplikasi seluler, pengguna disediakan dengan berbagai fitur yang akan memungkinkannya untuk memenuhi semua kebutuhannya dan banyak lagi. Aplikasi harus bersifat interaktif para pengguna. Aplikasi dapat diunduh dari berbagai platform seperti Google Play Store dan iOS App Store. Sana adalah aplikasi gratis dan aplikasi berbayar. Beberapa aplikasi dapat digunakan secara gratis untuk jangka waktu tertentu sebelumnya berlangganan keanggotaan premium. Untuk aplikasi dengan harga, sekitar 20% -30% masuk ke distribusi
penyedia (Contoh-iTunes) dan sisanya ke produsen aplikasi.
Untuk mengembangkan aplikasi, kendala dan fitur perangkat seluler perlu dipertimbangkan. Sebagai contoh, perangkat seluler memiliki daya pemrosesan yang lebih rendah, beroperasi dengan baterai tetapi memiliki lebih banyak fitur seperti deteksi lokasi. Berbagai ukuran layar dan spesifikasi perangkat keras juga perlu dipertimbangkan. Untuk mengembangkan aplikasi, Diperlukan lingkungan pengembangan terintegrasi khusus seperti Android Studio atau Eclipse. Aplikasi ini pertama kali diuji menggunakan perangkat yang disebut emulator yang merupakan simulasi perangkat lunak dari perangkat keras yang sebenarnya dan kemudian akhirnya pengujian lapangan dilakukan. Desain antarmuka pengguna seluler (UI) adalah bagian penting lainnya dalam aplikasi pengembangan. UI melibatkan pertimbangan konteks, layar dan input pengguna dan mobilitas keluaran. Pengguna memanipulasi aplikasi melalui input dan kemudian hasil yang diharapkan ditampilkan melalui output. Ada kendala UI seluler seperti ukuran layar terbatas. Mobile UI dianggap sebagai front-end dan mereka mengandalkan backend untuk mendukung akses ke sistem perusahaan. Fasilitas back-end termasuk perutean data, keamanan dan otorisasi dan disediakan oleh komponen middleware seperti Mobile Backend sebagai layanan (MBaaS).
 TANTANGAN TENTANG PENGEMBANGAN SELULER
A. Pemberitahuan Aplikasi
Karena peningkatan aplikasi yang dikembangkan, ada juga peningkatan persaingan yang sepadan dipasar aplikasi seluler dan ada tekanan konstan untuk membuat aplikasi yang mendapat perhatian . Pada akhir hari, Anda ingin orang mengunduh produk Anda. App Store Optimization (ASO) adalah langkah penting untuk melepaskan aplikasi yang menjanjikan kepada dunia. Sama seperti pencarian optimisasi mesin, ASO melibatkan penggunaan kata kunci dan frasa untuk mengarahkan pengguna ke suatu produk. Tujuan utamanya adalah Anda ingin produk Anda muncul saat mencari istilah menggunakan mesin pencari seperti Google. Kamu dapat melihat aplikasi kompetitif dalam istilah yang Anda cari dan kemudian melihat item dalam urutan peringkat itu pop up saat mencari. Ikon dan warna adalah aspek penting lain yang harus dipertimbangkan. Hal pertama yang menarik perhatian pengguna adalah ikon yang digunakan. Cobalah untuk memperkaya tampilan dan membuatnya lebih menarik untuk menggoda pengguna untuk mengklik aplikasi Anda dan jelajahi.
 B. Variabilitas Layar
Pengguna memiliki perangkat perangkat keras yang berbeda di mana ukuran layar sangat bervariasi. Merancang hanya untuk platform terbaru adalah ide yang buruk. Oleh karena itu, perlu membuat aplikasi yang berjalan pada banyak berbeda perangkat mungkin [3]. Selain itu, Anda perlu khawatir tentang OS juga - Windows, Android dan iOS utamanya. Masing-masing memiliki pola desain dan UI sendiri. Misalnya, ponsel Blackberry mungkin memiliki layar kecil dengan keyboard QWERTY fisik, seperti pada Blackberry Curve atau mungkin memiliki layar sentuh yang lebih besar dan keyboard virtual seperti Blackberry Storm.Badai membutuhkan tombol besar untuk interaksi layar sentuh sedangkan kurva akan membutuhkan elemen yang lebih kecil elemen navigasi sehingga mereka muat di layar yang lebih kecil.
Sangat penting untuk memiliki desain yang responsif. Ini akan memberikan lebih banyak fleksibilitas dan dengan demikian dapat disesuaikan berbagai format dan ukuran layar. Untuk menangani masalah teknis OS, memiliki fase pengujian yang komprehensif membantu. Melepaskan versi beta dari aplikasi juga dapat membantu menangani masalah ini.
C. Kinerja vs Daya Tahan Baterai
Kinerja aplikasi dan konsumsi baterai juga merupakan pertimbangan penting setelah desain dan interaksi.Tantangan utama adalah merancang aplikasi yang bebas bug dan menggunakan jumlah minimum yang memungkinkan baterai. Ini penting karena perangkat seluler memiliki pemrosesan terbatas serta daya saat dijalankan dengan energi berasal dari baterai. Jika aplikasi Anda mengonsumsi terlalu banyak daya, ada kemungkinan besar pengguna menghindari penggunaan aplikasi dan mencoba aplikasi serupa untuk menghemat daya baterai. Kinerja ditangani di bagian akhir fase desain. Selain itu, orang yang berbeda memandang kinerja aplikasi secara berbeda. Jika ada banyak gambar, mungkin ada banjir cache dan itu akan mengganggu kinerja.Performa diperumit oleh ribuan perangkat yang berbeda semuanya dengan daya komputasi yang berbeda . Itu pencapaian membuat aplikasi berjalan dengan sukses di perangkat yang ditargetkan adalah pencapaian besar sendiri. Melibatkan pengguna ke aplikasi adalah tugas yang sulit dan penundaan serta kelambatan aplikasi adalah salah satu bencana besar dalam keterlibatan pengguna. Diyakini alasan orang mencopot aplikasi karena masalah kinerja ada di sekitar 52% dan yang kedua setelah desain antarmuka pengguna yang di atas 58%.
 SOLUSI YANG DIUSULKAN
A.IMAJINASI BESAR
Mulailah dengan menemukan masalah di tempat kerja dan menyelesaikannya dengan cara mobile-first. Ini adalah perbedaan mendasar antara aplikasi yang bagus - yang memecahkan masalah dan aplikasi hebat - yang memecahkan masalah dalam cara mobile-first. Lebih sering, fokusnya adalah pada jumlah data yang dikumpulkan daripada ketersediaannya pada ponsel alat. Ini akan menghasilkan aplikasi yang berfokus pada data tetapi bukan aplikasi yang berfokus pada pengguna.
 B. DESAIN APLIKASI
Desain adalah faktor utama untuk kesuksesan suatu aplikasi. Ini sebanding dengan kegunaan aplikasi. Desain UI harus menarik perhatian pengguna. Gerakan multi-sentuh untuk perangkat yang mendukung sentuhan dan termasuk standar desain platform yang dapat diaktifkan juga [5]. Ini menciptakan dampak instan dalam pikiran pengguna. Seperti apa sebuah aplikasi adalah aspek pertama yang dilihat orang sebelum mengunduh dan menguji aplikasi tersebut. Desain Kreatif adalah jumlah dari User Interface (UI) dan User Experience (UX).
 C. INTEGRASI ALAT ANALITIK YANG TEPAT
Penting untuk memiliki alat analisis yang tepat untuk memberikan gambaran rinci tentang berapa banyak pengunjung yang menggunakan aplikasi, bagaimana mereka berakhir pada aplikasi dan cara-cara yang memungkinkan untuk membuat mereka terus datang kembali. Analisis seluler akan membantu Anda menghitung jumlah unduhan, jumlah uang aplikasi telah membawa Anda dan bahkan pendapat terbaru dari aplikasi. Beberapa metrik dasar untuk aplikasi seluler adalah-
 Aktivasi - Ini mengacu pada pengalaman awal dengan aplikasi Anda
 Akuisisi-Ini mengacu pada saluran tempat pengguna berasal
 Retensi - Ini mengacu pada jumlah pengguna yang membuka aplikasi berulang kali setelah mengunduh
 Referensi - Ini merujuk pada pengguna yang berbagi pengalaman aplikasi dengan teman, keluarga dan kenalan dan dorong mereka untuk mengunduhnya
 Pendapatan - Ini mengacu pada uang yang dihasilkan dari aplikasi
 D. MENGEMBANGKAN PROTOTIPE
Setelah memutuskan pendekatan, prototipe harus dikembangkan. Ini adalah proses mengubah ide Anda menjadi sebuah aplikasi dengan beberapa fungsi dasar. Ini memberi pengguna untuk memvisualisasikan dan melihat manfaat dari aplikasi Anda menawarkan bukan hanya membaca deskripsi itu. Prototipe memungkinkan Anda untuk menunjukkan dan menguji dasar fungsi aplikasi menggunakan biaya dan waktu seminimal mungkin. Ini seperti Minimum Viable Product (MVP) tetapi Anda tidak akan dapat menguji secara terbuka prototipe pasar yang dituju terutama jika Anda merancang untuk iOS, tempat Apple harus meninjau dan menyetujui aplikasi Anda sebelum dapat diedarkan.
 E. JAWABKAN / RELEASE APLIKASI
Sangat penting untuk merencanakan dengan baik sebelum rilis aplikasi ke lingkungan hidup dan pengujian. Beberapa poin yang harus dipertimbangkan oleh pemilik aplikasi sehubungan dengan rilis aplikasi adalah-
 Tujuan Rilis Pertama Tujuan utama rilis pertama adalah untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan. Mungkin ada masalah yang dihadapi oleh pelanggan yang tidak terlibat dalam pengujian. Abadikan mereka menggunakan alat yang tepat seperti pelaporan kerusakan yang tepat atau pemantauan kinerja. Gagal melakukannya akan meningkatkan biaya perolehan pelanggan sebagai pengguna akan enggan untuk mencoba aplikasi Anda lagi. Perhatikan metrik seperti waktu buka aplikasi, kerusakan tarif dan latensi UI.
 Rilis persetujuan. Mekanisme berurusan dengan kode yang dikompilasi dan mekanisme proses persetujuan berbeda dengan rekan-rekan berbasis web. Meskipun integrasi berkesinambungan dimungkinkan untuk membangun aplikasi baru, penerapan berkelanjutan kepada pengguna akhir tidak dimungkinkan karena cara di mana toko aplikasi beroperasi. Setiap rilis aplikasi adalah versi jadi Anda harus melewati proses persetujuan untuk rilis baru. Dan akhirnya, para pengguna ponsel mungkin tidak meningkatkan ke versi terbaru.
 Daerah Peluncuran Geografis Identifikasi ruang lingkup atau wilayah yang menargetkan aplikasi Anda. Semuanya mulai dari desain hingga strategi pengujian terpengaruh karena konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Rencana yang tepat harus masuk tempat untuk memastikan perangkat dan sistem operasi tertentu didukung. Penyedia layanan suka Jaringan Pengiriman Konten (CDN) dapat membantu menguji aplikasi dalam batasan yang tepat. Lebih penting sebagian besar pengguna hanya fokus pada wilayah pelokalan tetapi mengabaikan internasionalisasi. Pengalaman pengguna juga perlu diubah untuk mendukung wilayah sasaran.
 Penyedia layanan pihak ketiga Sementara mengenai Kit pengembangan perangkat lunak (SDK) dan layanan cloud, mungkin ada saling ketergantungan antara penyedia layanan pihak ketiga dan tim lain dalam suatu organisasi. SEBUAH aplikasi tipikal mungkin memiliki minimum 6 SDK yang meliputi-analitik, monetisasi, kinerja, sosial otomatisasi media dan pemasaran. Pertimbangkan dependensi dan pantau penyedia layanan mencari tahu apakah ada rencana cadangan jika ada layanan yang gagal. Anda akan menerima laporan dari sumber data yang berbeda tentang aplikasi Anda. Pastikan API tersedia untuk mengekstraksi data yang dibutuhkan agar layak pelaporan.
 F. MENINGKATKAN APLIKASI
Tingkatkan aplikasi secara berkala untuk memasukkan fitur dan peningkatan inovatif baru. Aplikasi seluler tanpa upgrade kehilangan kegunaannya dalam jangka panjang. Pembaruan aplikasi berfokus pada 3 aspek-
 Perbaikan Bug
Aplikasi perlu diperbarui secara berkala untuk memperbaiki bug dari aplikasi yang ada. Tidak ada pengguna yang mau ingin terus menggunakan aplikasi yang ada dengan banyak bug. Untuk membuat pengguna terlibat dan meningkat kegunaan aplikasi, pembaruan dengan bug yang diperbaiki perlu dirilis lebih sering.
 Peningkatan Kinerja
Ada berbagai aspek yang terkait dengan kinerja seperti kecepatan, memori dan respon UIaplikasi . Memori sangat penting karena perangkat seluler memiliki memori terbatas dan pengguna tidak seperti aplikasi untuk mengambil banyak ruang. Responsivitas UI memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas yang diinginkan lebih cepat daripada terus-menerus menunggu satu tugas panjang.
 Fitur Baru
Memperkenalkan fitur-fitur baru akan sangat meningkatkan cakupan dan penggunaan aplikasi seluler Anda . Untuk contoh, jika Anda membuat aplikasi unit converter, lebih banyak konversi negara dalam aplikasi dapat dimasukkan. Juga menyediakan fitur bagi pengguna untuk menyimpan konversi yang dilakukan sebelumnya untuk menghemat pemborosan waktu untuk melakukan konversi yang sama lagi.
 REFLEKSI PENELITIAN
Motif utama dari penelitian ini adalah untuk mendaftar semua tantangan yang dihadapi dalam pengembangan aplikasi mobile dan langkah-langkah serta pedoman untuk aplikasi seluler yang sukses. Pengamatan utama dari penelitian ini adalah:
 Jumlah aplikasi tumbuh dengan kecepatan tinggi.
 Persaingan untuk pembuatan aplikasi yang sukses adalah tinggi.
 Ada berbagai tantangan yang dihadapi oleh pengembang dalam pengembangan aplikasi seluler.
 Langkah-langkah perlu diikuti untuk memastikan pengembangan aplikasi yang sukses.
 Pengembangan aplikasi yang berhasil mengacu pada lebih banyak unduhan, lebih banyak pengguna dan lebih sedikit bug yang salah
 IKHTISAR DAN PEKERJAAN MASA DEPAN
Aplikasi seluler telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari karena berbagai fungsi yang mereka tawarkan. Membangun aplikasi yang sukses tanpa bug dan lebih ramah pengguna adalah penting karena peningkatan yang cepat jumlah aplikasi. Pengembang harus mempertimbangkan tantangan yang dihadapi dan mencoba mengatasinya dengan mengikuti langkah yang tepat. Juga, sangat penting bagi pengembang untuk memiliki pikiran terbuka dan harus mengetahui dengan baik tentang teknologi saat ini, persyaratan, dan acara di bidang aplikasi seluler. Untuk membangun yang sukses, semua panduan harus dipertimbangkan dan diikuti dengan tepat untuk menghindari risiko kehilangan pengguna karena aplikasi yang disayangkan / jatuh. Mengembangkan aplikasi baru dan inovatif akan mengarah pada kemungkinan yang signifikan pendapatan. Ada juga beberapa pengamatan penelitian yang dilakukan yang dapat berfungsi sebagai ruang lingkup untuk bidang penelitian di masa depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

persamaan regresi ganda

Korelasi dan Regresi Berganda